8 Alasan Beralih ke Plafon PVC

 
Ilustrasi Plafon PVC. Photo : Houzz.com

Ilustrasi Plafon PVC. Photo : Houzz.com

Plafon merupakan bagian langit-langit rumah yang membatasi ruangan dengan atap. Berfungsi sebagai pelindung ruangan dari segala cuaca, plafon juga memiliki fungsi untuk dekorasi ruangan. Sebagai pelindung ruangan, material plafon tentunya harus terbuat dari bahan yang kuat dan tahan cuaca.

Gypsum dan triplek merupakan dua bahan plafon yang sering dijumpai. Namun, kedua material ini tidak memiliki ketahanan terhadap air dan rayap sehingga memerlukan biaya perbaikan rutin. Saat musim hujan, tetesan air akibat bocor dapat merembes ke gypsum dan triplek dan mengakibatkan plafon lembap dan rawan jebol. Selain itu, jamur dan bakteri dapat tumbuh pada plafon yang lembap dan menyebabkan plafon berubah warna kehitaman, berbau tidak sedap, dan tidak sehat untuk pernapasan. Terlebih lagi gypsum dan triplek rawan dimakan rayap dan memerlukan perawatan khusus untuk mencegah serangan rayap.

Saat ini, plafon PVC menjadi inovasi baru sebagai material plafon yang anti rayap dan anti bocor. Terbuat dari bahan PVC yang ringan dan kuat, plafon PVC memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya pilihan unggul untuk material plafon rumahmu!

1. Anti Bocor & Anti Jamur

Plafon PVC terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang umum dipakai untuk pipa air. Sebagai bahan pipa air, plafon PVC tentunya memiliki kriteria waterproof yang membuatnya tidak merembes air dan aman kebocoran. Karena tidak merembes air dan lembap, jamur dan bakteri tidak dapat tumbuh pada permukaan plafon PVC sehingga menjaga rumah tetap bersih dan sehat.

2. Anti Rayap

Plafon PVC juga dikenal sebagai plafon anti rayap. Kok bisa? Serangan rayap merupakan masalah yang sering dijumpai pada plafon, terutama pada plafon triplek dan kayu. Perawatan khusus perlu dilakukan untuk mencegah serangan rayap. Namun, hal ini bukan menjadi masalah dengan plafon PVC karena plafon PVC terbuat dari biji plastik PVC (Polyvinyl Chloride) yang tidak mengandung selulosa yang menjadi makanan rayap.

3. Pemasangan Cepat & Praktis

Pemasangan dengan system interlocking atau biasa disebut dengan system knockdown membuat instalasi plafon PVC praktis dan cepat. Setiap lembaran PVC dipasang terkait satu sama lain seperti memasang potongan puzzle. Karena pemasangannya yang mudah, waktu pengerjaan pun dapat menjadi lebih cepat. (Untuk tutorial pemasangan plafon PVC dapat dilihat di sini.)

4. Tidak Memerlukan Finishing

Motif plafon PVC sudah tercetak pada setiap lembarannya sehingga proses finishing tidak diperlukan lagi. Hal ini mempercepat dan mempermudah proses instalasi, serta meringankan biaya ekstra untuk finishing.

5. Motif Bervariasi

Plafon PVC tersedia dalam banyak motif menarik yang bervariasi, mulai dari motif putih polos hingga motif kayu yang berkesan hangat dan modern. Kamu bisa bebas berkreasi dengan memilih berbagai motif menarik yang tersedia.

6. Kuat & Ringan

Plafon gypsum atau triplek yang biasa dipakai sebagai bahan plafon cenderung berat dan rapuh sehingga perlu keahlian khusus dalam pemasangannya. Berbeda dengan gypsum dan triplek, plafon PVC berbobot ringan namun tetap berstruktur kokoh. Hal ini mempermudah pemasangan dan mengurangi resiko kerusakan yang dapat terjadi saat pemasangan.

7. Perawatan Mudah

Perawatan plafon PVC sangatlah praktis. Karena terbuat dari bahan PVC yang aman air, kamu dapat membersihkannya dengan mudah menggunakan kain lap biasa. Bila terdapat noda cukup lap dengan kain lap yang lembap dan keringkan. Perawatan plafon menjadi lebih mudah dengan plafon PVC!

8. Awet & Tahan Lama

Atribut anti rayap, anti bocor, dan anti jamur pada plafon PVC menjadikan plafon PVC bahan yang awet dan tahan lama. Kerusakan akibat rayap dan kebocoran bukan lagi masalah dengan plafon PVC sehingga perbaikan plafon juga lebih jarang terjadi. Plafonmu bisa tampak indah sepanjang tahun dengan plafon PVC!

Karena berbagai keunggulannya, plafon PVC menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik rumah baru. Material plafon PVC yang anti rayap, anti bocor, dan anti jamur, mengurangi resiko kerusakan akibat rayap dan air hujan sehingga plafon dapat bertahan lama. Plafon PVC juga dapat selalu tampak baru karena perawatannya yang mudah. Pilihan motif yang menarik dan bervariasi juga memudahkan kamu untuk mendekorasi plafonmu. Tidak heran kini masyarakat mulai melirik plafon PVC untuk pembangunan rumah.

Bagi kamu yang mencari plafon PVC berkualitas dengan harga ekonomis, kamu bisa coba cek Buffalo Plafon PVC di toko kami. Dengan lebih dari 50 pilihan motif cantik dan material yang memenuhi standar kualitas baik, Buffalo Plafon PVC menjadi pilihan unggul dari berbagai merk plafon PVC yang ada. Apabila ada pertanyaan lain, jangan ragu hubungi kami untuk konsultasi. Semoga artikel singkat ini dapat membantu kamu untuk menentukan pilihanmu.

———

Duta Anugerah Bangunan
(+62)823 6827 7776