Mengenal Lebih Dalam Atap uPVC Alderon, Jenis, Kelebihan, dan Penggunaannya

 
Ilustrasi atap Alderon untuk kanopi. photo : alderon.co.id

Ilustrasi atap Alderon untuk kanopi. photo : alderon.co.id

Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam merencanakan konstruksi bangunan adalah pemilihan material atap yang tepat. Banyak bahan atap yang tersedia saat ini tergantung dari kebutuhannya. Material atap yang sedang populer dipakai saat ini adalah atap uPVC.

Apa itu Atap uPVC?

Material uPVC berbeda dari bahan PVC pada umumnya. Bahan PVC yang sering kita temui dibuat dengan plasticizer yang membuatnya lentur dan mudah dibentuk. PVC tipe ini biasa dipakai untuk selang taman, kabel listrik, atau pembungkus daging/roti. Sedangkan material uPVC (unplasticized PVC) tidak menggunakan plasticizer sehingga memiliki fisik yang lebih keras (rigid) dan tidak elastis. Hasil akhir dari bahan uPVC ini biasanya dipakai untuk keperluan industrial, misalnya bahan bangunan seperti kusen pintu, jendela rumah, dan atap.

Penggunaan atap uPVC kini sedang populer di kalangan masyarakat karena berbagai kelebihannya. Atap uPVC yang tengah naik daun dan dipercaya karena kualitasnya adalah atap Alderon.

photo : alderon.co.id

photo : alderon.co.id

Keunggulan Atap uPVC Alderon

Pastinya kamu akan bertanya-tanya, apa yang membuat atap Alderon lebih unggul dibandingkan material atap lainnya. Nah, di sini kita akan membahas beberapa kelebihan atap Alderon.

1.      Sangat Kuat & Ringan

Terbuat dari bahan uPVC, atap Alderon memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan atap lain yang berbahan seng, tanah liat, atau beton. Walaupun bobotnya ringan, atap ini memiliki kekuatan yang sangat baik. Atap Alderon Twinwall mampu menahan beban sampai 200 kg sehingga aman saat diinjak.

2.      Tahan Panas & Tidak Mudah Luntur

Atap Alderon diperkuat dengan UV Protection yang melindungi permukaan atap dari sinar Ultra Violet. Alderon berwarna doff (opaque) efektif menahan panas matahari sehingga terasa sejuk saat berada di bawahnya. Selain itu, fitur ini berfungsi untuk melindungi warna atap agar tidak mudah luntur.

3.      Meredam Suara

Alderon Twinwall memiliki rongga yang mampu mengurangi suara dari luar, sehingga tidak bising saat turun hujan. Hasil tes laboratorium membuktikan bahwa atap Alderon Twinwall mampu mengurangi suara yang masuk hingga 27%.

4.      Tidak Berkarat & Perawatan Mudah

Formulasi khusus Alderon membuatnya tahan terhadap lingkungan korosif. Atap Alderon aman digunakan karena tidak akan rapuh dan ambruk akibat karat. Selain itu, perawatan atap ini sangat mudah, cukup dengan menyemprotkan air ke permukaan atap untuk membersihkannya.

5.      Anti Bocor

photo : alderon.co.id

photo : alderon.co.id

Atap Alderon memiliki fitur Anti Leakage Coupling System, di mana ujung lembaran atap dipasang bertumpuk satu sama lain. Sistem pemasangan ini berfungsi mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan atap. Selain itu, sistem ini juga mempercepat dan mempermudah pemasangan.

6.      Tahan Bahan Kimia

Desain Alderon dengan teknologi termutakhir membuatnya tahan bahan kimia dan polusi industri. Alderon tahan hampir semua zat asam, alkali, solvent organic, minyak, dan bahan pelumas lainnya. Keunggulannya ini membuat atap Alderon cocok dipakai sebagai atap pabrik atau gudang bahan kimia.

7.      Otomatis Padam Saat Terbakar

Saat kebakaran terjadi, api yang membakar atap Alderon akan mati dengan sendirinya saat sumber api menjauh. Api tidak akan merambat dan menyebar pada atap. Hal ini mengurangi resiko kecelakaan atau kerusakan parah akibat atap ambruk.

8.      Mudah Dipotong & Dibentuk

Pemasangan Alderon tidak membutuhkan peralatan khusus. Untuk memotongnya, cukup dengan gergaji biasa (jigsaw) atau gerindra (grinder). Alat lainnya yang diperlukan untuk pemasangan hanyalah alat standar pertukangan, seperti meteran, bor, dan obeng.

 

Jenis Atap Alderon

Alderon Twinwall Corrugated

Alderon Twinwall menjadi best seller kategori atap berongga dari Alderon. Rongga pada atap ini berfungsi untuk meredam suara bising dan mengisolasi panas matahari. Ketebalan atap 10 mm memberikan ketahanan optimal. Walaupun ringan, Alderon Twinwall mampu menahan beban hingga 200 kg dan aman jika diinjak. Terlebih lagi, Alderon memberikan garansi sampai 15 tahun! Tidak heran jika Alderon Twinwall menjadi pilihan terbaik dan terpopuler di antara atap uPVC lainnya.

Alderon_Twinwall_Alderon 830_Size.jpg

Alderon RS Singlewall Corrugated

Untuk harga yang lebih terjangkau, Alderon RS Singlewall menjadi pilihan yang ideal. Karena hanya memiliki satu lapisan, atap ini berbobot sangat ringan. Dengan berat hanya 2 kg per meter larinya, Alderon RS tentunya memudahkan proses pemasangan. Walaupun hanya terdiri dari satu lapis, atap ini masih mempertahankan performanya. Sama seperti Alderon Twinwall, Alderon RS juga dilengkapi dengan perlindungan dari sinar UV, proteksi terhadap bahan kimia, dan anti karat.

Alderon_RS_Size.jpg

Alderon Lite

Alderon Lite memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan Alderon Twinwall. Atap ini memberikan opsi atap uPVC berlapis dua yang lebih ringan dan ekonomis, namun tetap kuat dan kokoh. Seperti layaknya Alderon Twinwall, Alderon Lite juga dilengkapi dengan UV Protection, tahan bahan kimia, anti karat, dan mampu meredam suara.

Aplikasi Atap Alderon

Aplikasi atap Alderon bermula dari penggunaan untuk atap kanopi. Namun, karena berbagai kelebihannya, Alderon mulai digunakan sebagai atap utama bangunan. Ketahanannya terhadap bahan kimia dan pemasangannya yang mudah menjadikan Alderon pilihan yang ideal untuk keperluan pabrik, gudang, greenhouse, peternakan, dan perikanan. Selain untuk kebutuhan industri, perlindungan Alderon terhadap panas matahari dan suara bising, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan residential. Atap Alderon banyak digemari sebagai atap kanopi, tempat parkir, gedung olahraga, dan lain-lain.

Apakah Atap Alderon Tersedia dalam Warna Transparan / Bening ?

Sayangnya saat ini atap Alderon tidak tersedia dalam varian transparan atau bening. Namun, buat kamu yang suka atap tembus cahaya, Alderon Twinwall 830 memiliki varian warna translucent atau semi transparan. Atap ini dapat menerima 20% cahaya masuk dan tetap menahan panas supaya masih terasa sejuk.

Lalu bagaimana kalau mau pasang atap bening atau transparan? Ada produk lain dari produsen Alderon, yaitu Solartuff dan Solarflat. Atap Solartuff dan Solarflat ini tersedia dalam varian bening seperti kaca yang cocok untuk rumah modern. Untuk info lebih lanjutnya, bisa hubungi kami di sini.

Tertarik untuk pasang atap Alderon? Pastikan kamu membeli barang original dari distributor yang terpercaya. Duta Anugerah Bangunan menyediakan segala macam jenis atap Alderon untuk daerah Bali dan sekitarnya. Yuk, hubungi kami sekarang juga untuk mendiskusikan keperluanmu!